BELAJAR BAHASA ARAB

SIAPA BILANG BELAJAR BAHASA ARAB KAMPUNGAN..... ???

Dewasa ini, tidak jarang kita jumpai para pelajar yang enggan untuk belajar bahasa Arab apalagi untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab, disamping itu secara faktual khususnya di Indonesia sedikit sekali kita jumpai Lembaga-Lembaga yang mengajarkan Bahasa arab secara aktif-produktif dan itupun dapat dihitung dengan jari, bahkan tidak jarang kita jumpai pelajar-pelajar bahasa Arab yang enggan untuk bekomunikasi dan merealisasikan bahasa Arab. M3NG4PA..... ???
Kalau kita kaji secara historis, bahwasannya pertama kali bahasa Arab tumbuh dan berkembang di jazirah Arab, dan setelah agama Islam yang dibawa oleh nabi Muhammad saw tersebar ke seluruh penjuru dunia bahasa Arab juga ikut tersebar, termasuk Negara Indoneisa tercinta kita ini. Tapi sungguh sangat disayangkan bahasa Arab jarang sekali diminati oleh para pelajar, bahkan ketika kita hedak masuk ke Perguruan Tinggi atau Lembaga-Lembaga Islami yang mejadi tes prioritas bukan bahasa Arab melainkan bahasa Inggris.... KENAPA ?
Lebih lanjut, sebagaimana kita ketahui bahwasannya bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua yang hidup di dunia, dan merupakan bahasa asli dari banyak bahasa, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa "bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa" dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, di lain pihak banyak orang-orang bukan-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka (contohnya huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa manapun di dunia, dan bahasa Arab sering disebut sebagai bahasa dhad). Disamping itu, Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam - salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!). Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Oleh karena itu, kita sebagai orang Islam hendaknya kita merealisasikan dan mempelajari bahasa Arab semaksimal mungkin, karna bahasa Arab merupakan bahasa al-Quran dan al-Hadits dan tanpa bahasa Arab tidak mungkin kita dapat memahami al-Quran dan al-Hadits.
0 komentar:

Posting Komentar

Followers